Komoditi Desa Pangeran Gedungan

Pertanian

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Pangeran Gedungan adalah Petani. Maka dari itu desa ini memiliki beragam hasil bumi diantaranya yaitu:
a.       Padi

       Padi merupakan penghasilan utama warga Desa Pangeran Gedungan, padi di tanam setiap musim hujan, yang dipanen tiap pertiga bulan 20 hari sekali.padi siap panen apabila daunnya sudah menguning, setelah panen padi di pisah antara gabah dan jerami, kemudian padi di jemur hingga mengering. Setelah proses pengeringan padi di giling hingga menjadi beras. Sebagian warga desa Pangeran Gedungan ada yang menjualnya dan ada juga yang di jadikan sebagai bahan pokok makanan.
b.      Kacang Hijau
       Kacang hijau sejenis palwija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi dan merupakan sumber mineral penting antara lain kalsium dan fosfor sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Kacang hijau sangat tepat ditanam pada tanah bertekstur liat berlempung yang tak sedikit mengandung bahan organik, aerasi, dan drainase yang baik. iklim yang baik untuk budidaya kacang hijau di daerah yang mempunyai curah hujan yang optimal dan memperoleh sinar matahari yang cukup.

       Semua varietas kacang hijau yang telah dilepas tepat ditanam di lahan sawah maupun tegalan. Bagian paling bernillai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau bisa di buat sebagai olahan makanan.  Diantaranya bubur kacang hijau, isi onde-onde, isi bakpao atau makanan olahan lainnya yang dimanfaaatkan oleh warga Desa Pangeran Gedungan untuk menjualnya di pasar, toko kelontong dll.
c.       Kacang Tanah
       Kacang tanah merupakan salah satu yaang dipanen oleh warga Pangeran Gedungan. Namun, kacang tanah hanya bisa ditanam saat musim penghujan saja. Jenis tanag yang sesuai dengan untuk tanaman ini adalah jenis tanah yang gembur/ berstekstur ringan dan subur. Masa panen dari kacang tanah yakni 3 bulan sekali, cara menanamnya dengan menanam satu persatu biji. Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk makan ternak, sedangkan bijinya dimanfaatkan sebagai sumber protein nabati, minyak dll. Kacanag tanah bisa dimakan mentah, direbus, digoreng, atau disangrai.


       Kacang tanah juga dipanen hijaunya (daun dan batangnya) untuk makanan ternak atau merupakan pupuk hijau. Jenis kacang ini tumbuh luruh atau sedikit miring keatas, buahnya terdapat pada ruas-ruas dekat rumpun, umunya pendek dan kemasakan buahnya serampak. Kacang tanah kaya akan lemak mengandung protein tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsiu, vitamin B kompleks, dan fosfour, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue yang diantaranya adalah ampyang, kacang telur atau juga dapat digunakan sebagai topping makanan.
d.      Buncis


       Selain padi, kacang hijau, kacang tanah warga Desa Pangeran Gedungan juga memanen tanaman buncis. Buncis adalah jenis polong-polongan yang dapat di makan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai dayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Cara menanam tanaman buncis adalah tanam langsung dengan memasuukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1-2cmkenudian timbun tanah. Panen biasanya sudah bisa dilakukan 60 hariatau polong sudah cocok disayur. Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlykan tiang untuk memanjat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.